Bagi sebagian orang mungkin lebih memilih berkarir dengan bekerja di suatu perusahaan besar yang menjanjikan gaji besar. Sebagian lainnya lebih memilih untuk mengembangkan bisnis dari bawah dan memulai karir mereka secara mandiri. Entah itu bisnis besar atau kecil, pemerintah sangat menganjurkan untuk membuat surat izin usaha. Hal tersebut disesuaikan dengan perundang-undangan yang berlaku.

Persiapan Mengurus Surat Izin Usaha

Bisnis atau usaha yang sudah mengantongi surat izin usaha adalah jenis usaha resmi yang sudah mendapatkan legalitas dari pemerintah. Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh pebisnis dengan melegalisir usaha dan bisnis mereka. Salah satunya adalah kepercayaan konsumen terhadap bisnis tersebut akan meningkat. Mendapatkan perizinan dari pemerintah memang tidaklah mudah karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan.

  1. Menentukan jenis usaha

Menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan merupakan salah satu hal umum yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak jenis bisnis yang bisa kita jalankan seperti fashion, kuliner, furniture, jasa, dan lain sebagainya. Pastikan untuk menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan, disesuaikan dengan keahlian atau kesukaan yang dimiliki oleh pelaku bisnis.

  1. Menentukan skala usaha

Ketika akan membuat perizinan usaha, biasanya akan dibagi menjadi tiga skala; yaitu usaha kecil, menengah, dan besar. Pastikan untuk memasukkan bisnis yang Anda jalankan ke dalam skala yang tepat. Skala pembagian tersebut didasarkan pada besarnya jumlah modal dan laba yang akan didapat oleh pelaku bisnis. Semakin besar modal dan laba yang didapat, semakin besar pula skala bisnis tersebut.

  1. Menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan

Salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis untuk mendapat perizinan usaha adalah NPWP, jadi pastikan sudah memilikinya. Dokumen pribadi, dokumen perusahaan, dan dokumen lainnya juga harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai ada dokumen yang tertinggal ketika akan mengurus surat izin usaha. Apabila Anda tidak ingin ribet dan menyiapkan banyak hal, Anda bisa menggunakan biro jasa izin usaha yang akan siap membantu mengurusnya.