Rasulullah SAW bersabda yang artinya kurang lebih untuk menganjurkan kita melakukan aqiqah pada putra-putri kita yang baru lahir. Jiwa seorang anak akan tergadai hingga orang tuanya melakukan aqiqah, pemotongan rambut, dan pemberian nama pada bayi tersebut. Maka dari itu, bagi orang tua muslim yang memiliki kemampuan financial sebaiknya melakukan aqiqah. Paket aqiqah Jakarta saat ini banyak ditawarkan untuk mempermudah orang tua melakukan aqiqah untuk bayi mereka.

Persiapan Melakukan Aqiqah Bayi

Aqiqah merupakan ibadah yang memiliki hukum sunnah muakkad dan sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para orang tua muslim yang memang memiliki kondisi financial baik. Aqiqah saat ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah karena ada banyak tempat yang menawarkan paket aqiqah Jakarta. Untuk lebih lengkapnya, ada beberapa persiapan sebelum melakukan aqiqah yang harus dilakukan.

Niat dan biaya

Hal pertama yang harus dimantapkan adalah niat. Aqiqah merupakan ibadah yang dilakukan untuk merayakan sekaligus menyambut kelahiran anak yang merupakan rejeki dari Allah SWT. Niat karena Allah harus ditanamkan di dalam hati ketika akan melakukan aqiqah agar ibadah dapat dilakukan dengan tulus dan dihitung pahala oleh Allah SWT. Selain itu, kita juga harus mempersiapkan biaya untuk membeli kambing dan kebutuhan untuk acara aqiqah yang nantinya akan berlangsung. Cara aqiqah cukup dilakukan secara sederhana, yang terpenting adalah sesuai dengan ajaran Islam.

Memilih hewan kurban

Persiapan selanjutnya adalah dengan memilih hewan kurban yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam ajaran Islam. Beberapa diantaranya adalah sehat, gemuk, dan tidak cacat sama sekali. Untuk mendapatkan hewan yang sesuai syarat, ada baiknya jika kita langsung memilih ke tempat pemeliharaan hewan tersebut.

Proses penyembelihan

Islam memang agama yang sangat sempurna karena mengatur segala hal yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Begitu pula dengan ketentuan ketika akan menyembelih hewan aqiqah, hal pertama tentu saja membaca Basmalah dan menyebut nama Allah SWT ketika akan menyembelihnya. Setelahnya hewan dipotong-potong dan dimasak. Atau jika kita menggunakan paket aqiqah Jakarta, kita akan menerima hasil masakan yang telah siap untuk disantap. Jangan lupakan pula proses pemotongan rambut bayi dan pemberian nama bayi.