Pendidikan formal adalah hal yang perlu didapatkan oleh setiap orang. Tidak heran jika banyak sekali orang yang bertekad untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dan ketika menjalani studi di perguruan tinggi, maka setiap mahasiswa akan mendapatkan satu dosen pembimbing akademik yang akan membimbing dari awal perkuliahan hingga kelulusan. Dan biasanya, mahasiswa bimbingan membutuhkan informasi data dosen pembimbing seperti halnya NIDN, untuk keperluan tertentu.

Bagaimana Cara Mudah Mengetahui NIDN Dosen Melalui Forlap Dikti?

Perlu diketahui bahwasanya untuk mendapatkan informasi mengenai NIDN dosen, maka caranya sangatlah mudah. Mahasiswa bisa mengakses laman Forlap Dikti Dosen dengan menggunakan internet. Perlu diketahui bahwasanya di laman ini terdapat berbagai informasi lengkap mengenai institusi pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Dengan demikian, segala hal yang terkait dengan institusi pendidikan tinggi bisa diakses dengan mudah. Begitu pula dengan pencarian data dosen oleh mahasiswa.

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam mendapatkan data melalui laman Forlap Dikti ini adalah sebagai berikut. Pertama, masukkan link website resmi dan Anda akan menuju ke halaman awal Dikti. Selanjutnya Anda bisa pilih Menu dan menuju ke Pencarian Data. Untuk mengakses informasi dosen, maka Anda pilih menu data Profil dosen. Di halaman ini maka Anda akan mendapati kolom yang wajib diisi sesuai dengan keyword.

Setelah Anda mengisi kolom tersebut dengan teliti, selanjutnya Anda harus mengisikan kode captcha yang ada. Apabila sistem tidak berjalan, maka Anda bisa mengulangi kode captcha tersebut dengan mengganti gambar. Selanjutnya adalah klik Cari Dosen yang ada di bagian bawah kolom. Di laman Forlap Dikti Dosen ini, setidaknya Anda mengetahui informasi mengenai nama lengkap dosen dan di perguruan tinggi mana dosen tersebut mengajar.

Setelah Anda mengisi data di kolom ini dan klik Cari Dosen, maka sistem akan bekerja. Langkah ini berakhir dan Anda akan mendapatkan informasi data dosen secara lengkap. Dengan demikian maka untuk mengetahui NIDN dosen, tidak perlu lagi bersusah payah pergi ke kampus atau menghubungi dosen secara langsung. Karena kini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Dengan adanya laman Forlap Dikti Dosen ini, maka mengakses segala sesuatu tentang data pendidikan bisa lebih mudah.