Setiap bagian dari tubuh manusia memiliki fungsinya tersendiri. Ketika ada satu bagian yang sakit, semua bagian akan merasakan kesakitan tersebut karena memang setiap bagian tubuh manusia berkaitan dan berhubungan antar satu dan yang lainnya. Oleh karena itu, kita dituntut untuk menjaga kesehatan semua bagian tubuh dengan baik, termasuk ginjal.

Mengenal Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi dan tugas tersendiri untuk tubuh. Ginjal sendiri berbentuk seperti sepasang kacang yang hanya berukuran sekepal tangan. Meskipun ukuran dari ginjal tersebut tidak terlalu besar, ginjal memiliki peranan yang penting dalam tubuh.

Ketika ada gangguan keanehan pada ginjal, maka akan ada sesuatu dalam tubuh kita yang tidak seimbang. Untuk itu, mari kita mengenal lebih jauh mengenai fungsi dari ginjal. Setidaknya, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai fungsi ginjal.

Adapun fungsi-fungsi ginjal yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Menyaring limbah-limbah yang berlebihan seperti racun-racun yang berbahaya untuk tubuh, limbah nitrogen dari proses metabolisme sel, kelebihan urea, garam, dan lainnya.
  • Mengatur produksi dan menjaga keseimbangan asam basa atau pH yang ada dalam tubuh
  • Mengatur produksi sel darah merah
  • Mengatur tekanan darah
  • Menyeimbangkan kadar air dalam tubuh agar tidak kelebihan atau juga kekurangan

Ketika Anda merasakan jika ada sesuatu hal yang salah pada ginjal, Anda harus segera memeriksakannya pada dokter. Jangan menunggu lama apabila Anda tidak ingin kehilangan ginjal. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kesehatan ginjal Anda sendiri.

Selain itu, Anda harus benar-benar mencari tahu bagaimana caranya merawat ginjal dengan baik dan benar. Apabila ginjal Anda mengalami gangguan seperti timbulnya penyakit dan sebagainya, proses metabolisme dalam tubuh akan menurun dan menjadikan tubuh Anda lebih mudah terserang penyakit.

Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan ginjal. Jangan sampai salah satu atau kedua ginjal Anda bermasalah. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda juga turut menjaga kesehatan ginjal serta organ dalam lainnya yang ada dalam tubuh Anda.