Susah buang air besar atau sering disebut sembelit merupakan sesuatu yang kadang disepelekan oleh orang-orang. Jika dibiarkan sembelit dapat menimbulkan penyakit, seperti  wasir. Sembelit biasanya ditandai dengan susahnya mengeluarkan feses karena feses yang telah mengeras. Berikut tips mengatasi sembelit

Tips Mengatasi Sembelit

  1. Konsumsi serat yang cukup

Serat merupakan zat yang diperlukan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Kekurangan serat akan menjadi pemicu timbulnya masalah pencernaan, salah satunya adalah sembelit. Apabila sudah terjadi sembelit menambahkan jumlah serat yang dikonsumsi dapat untuk membantu melancarkan sembelit Anda.

  1. Minum air yang cukup

Minum air putih minimal yang cukup, minum lah minimal 8 gelas dalam sehari. Air putih akan membuat pencernaan lancar sehingga dengan meminum air putih yang cukup dapat mencegah sembelit timbulnya sembelit.

  1. Berolah raga secara rutin

Olahraga dapat membantu Anda dalam melancarkan pencernaan. Olahraga yang rutin sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki masalah dengan sembelit

  1. Jangan pernah menunda-nunda untuk buang air besar

Apabila Anda termasuk orang yang suka menunda-nunda dalam buang air besar, mual sekarang Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut. Menunda buang air besar dapat membuat tinja semakin menumpuk sehingga menjadi sulit untuk dikeluarkan.

  1. Kurangi makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau fast food kadang dapat memicu terjadinya sembelit. Hal ini terjadi karena kandungan serat pada fast food sangat sedikit, bahkan tidak ada sama sekali. Saat Anda kenyang memakan fast food, Anda sudah tidak ingin makan lagi, padahal tubuh masih membutuhkan asupan serat dan vitamin-vitamin lainnya.

Makanan Yang Dianjurkan

  1. Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu sumber serat yang baik, saat Anda mengonsumsi kadang yang kaya akan serat sebaiknya Anda juga banyak meminum air putih, karena serat pada kacang-kacangan akan bekerja dengan baik memperlancar pencernaan dengan bantuan air putih.

  1. Apel

Buah kecil ini tinggi akan serat. Mengonsumsi buah ini setiap hari akan membantu Anda mencukupi kebutuhan serat harian.

  1. Pir

Sama hal nya dengan apel, buah yang satu ini juga mampu memperlancar buang air besar karena banyak mengandung serat

  1. Brokoli

Walaupun brokoli tergolong ke dalam sayuran namun brokoli memiliki serat yang cukup tinggi yang mampu memperlancar buang air besar.