Melukis merupakan salah satu aktivitas yang digemari oleh sebagian orang karena dapat menenangkan pikiran. Apabila Anda memiliki hobi melukis, mengapa Anda tidak menjadikannya sebagai usaha saja? Memiliki usaha yang merupakan hobi dan dibayar, tentulah dua hal yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Sudah hobi, dibayar pula.

Cobalah Membuat Lukisan di Media yang Berbeda

Ketika Anda ingin memanfaatkan hobi melukis tersebut, janganlah menjual lukisan yang biasa saja. Biasa disini bisa berarti biasa dalam media yang digunakan atau biasa dalam lukisan yang Anda buat.

Sekarang ini, Anda harus mengerti bahwa keindahan seni yang ditawarkan bukan hanya dari seberapa bagus lukisan yang dijual tetapi juga dari media apa yang digunakan untuk melukisnya. Apabila Anda biasa menggunakan media kanvas untuk melukis, cobalah menggunakan media yang lainnya, entah itu media buatan atau media dari bahan alami.

Untuk itu, Anda bisa coba melukis karikatur dengan menggunakan media daun. Tentunya, melukis di media yang berbeda seperti kanvas dan daun akan memerlukan teknik yang berbeda pula. Ada tantangan sendiri bagaimana caranya membuat daun bisa dilukis dan membentuk lukisan yang indah. Mengingat media daun sendiri memiliki serat-serat alami yang tidak dimiliki oleh kanvas. Anda harus membuat serat-serat alami tersebut berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus mencari tahu daun apa saja yang bisa digunakan. Apakah semua jenis daun yang ada bisa dilukis atau tidak? Apakah Anda harus menggunakan daun yang muda atau tua? Anda harus melakukan percobaan terlebih dahulu untuk bisa memutuskan daun seperti apa yang bisa digunakan sebagai media pengganti kanvas.

Setelah itu, baru Anda bisa mencari cara bagaimana caranya agar daun yang Anda lukis tersebut bisa bertahan lama. Anda harus mencari tahu bagaimana cara mengawetkan daun tersebut. Seperti yang kita tahu, semakin lama daun disimpan, semakin rapuh kondisinya dan lama kelamaan akan berubah menjadi debu. Jadi, Anda bisa menjual lukisan karikatur dari media daun yang bisa bertahan lama.