Sebelum Anda dipastikan diterima kerja di posisi tertentu pada suatu perusahaan, Anda diharuskan menjalani beberapa tes. Tes yang biasanya diujikan dalam seleksi masuk kerja adalah tes potensi akademik (TPA), psikotes, medical check up dan tes wawancara atau interview. Agar diterima kerja Anda harus lolos semua tes tersebut. Akan tetapi tidak sedikit orang yang bisa lolos semua seleksi tersebut. Bagi Anda para fresh graduate perlu mengetahui informasi tahapan seleksi masuk kerja berikut.

Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi merupakan tes atau ujian yang paling awal sebelum masuk kerja. Biasanya tes ini digunakan untuk menyeleksi pendaftar dalam jumlah yang besar. Untuk seleksi administrasi ini Anda harus menyertakan beberapa dokumen seperti CV, transkrip nilai, ijazah dan pas foto. Meskipun terkesan mudah, hanya tinggal mengumpulkan berkas bisa melalui email atau datang langsung ke perusahaan, tetapi tes administrasi inilah yang paling banyak menggugurkan para pendaftar. Persiapkan berkas selengkap mungkin dan semenarik mungkin agar berkas Anda dilirik.

Tahapan Psikotes

Tahapan selanjutnya setelah Anda dinyatakan lolos seleksi administrasi adalah tes psikotes. Pada tes psikologi Anda akan diperintahkan untuk mengerjakan beberapa soal. Soal ini merupakan alat yang digunakan oleh psikolog untuk menganalisa karakter psikologis pendaftar. Untuk menghadapi tes psikologi ini Anda bisa berlatih dengan mengerjakan soal-soal yang tersedia di internet atau dalam bentuk buku. Selain terus berlatih Anda juga harus menjaga kondisi fisik dan psikis menjelang tes psikologi.

Tahapan Wawancara

Setelah Anda dinyatakan lolos dari dua tes awal, tahapan selanjutnya adalah tes wawancara. Biasanya Anda akan diundang untuk melakukan wawancara dengan bagian HRD perusahaan tersebut. Anda akan diberi pertanyaan seputar alasan kenapa Anda memilih mendaftar kerja di perusahaan tersebut. Selain alasan mendaftar Anda juga biasanya diminta untuk menjelaskan tentang diri Anda. Anda bisa berlatih dari buku-buku atau internet, Anda juga bisa bertanya pada teman Anda yang pernah mengikuti tes ini.

Seleksi administrasi, seleksi psikotes dan wawancara adalah beberapa tahapan yang lazim dilalui sebelum Anda dinyatakan diterima kerja. Beberapa perusahaan juga membutuhkan ujian medical check up.