Ummat Islam memiliki panduan dalam menjalani kehidupan. Dalam setiap ibadah pun pasti memiliki panduan dan dasar-dasar hukum yang mengaturnya. Salah satu hal yang tentu dipelajari dengan baik adalah mengenai sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Apabila membahas mengenai sholat sunnah, tentu tidak lepas dari sholat tahajud yang merupakan sholat sunnah utama. Panduan mengenai sholat malam ini perlu diketahui, apalagi mengenai tata caranya. Untuk itu, sangat perlu untuk melihat pedoman yang ada.

Syarat dan Tata Cara Sholat Sunnah Tahajjud

Berikut ini merupakan tata cara sholat sunnah malam yang perlu dipahami dengan baik. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah mengenai sholat sunnah ini adalah sudah masuk waktu. Selain itu usahakan untuk tidur walaupun hanya sebentar. Jumlah rakaat sholat tahajud yang paling sedikit adalah 2 rakaat, dan bisa lebih. Selanjutnya perlu memahami mengenai tata cara sholat sunnah di malam hari.

  • Rakaat pertama

Saat rakaat pertama, maka yang dilakukan adalah membaca niat sholat tahajud dan takbiratul ikhram. Setelah itu membaca doa iftitah dilanjutkan dengan surat Al-Fatihah dan surat panjang atau pendek dalam Al-Qur’an. Selanjutnya adalah gerakan ruku’, I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud kembali. Tata cara sholat malam di rakaat pertama ini sama halnya dengan shalat biasa. Jangan lupa untuk tuma’ninah dalam setiap gerakan. Setelah sujud maka bisa bangkit untuk rakaat kedua.

  • Rakaat Kedua

Ketika bangkit rakaat kedua, maka langsung membaca surat Al-fatihah dan dilanjutkan dengan membaca suratan lain dalam Al-Qur’an. Setelah itu dilanjutkan dengan ruku tuma’ninah dan disertai dengan  membaca doanya. Selanjutnya adalah melakukan I’tidal lalu sujud. Kemudian duduk di antara dua sujud dan sujud lagi. Setelah sujud, duduk tasyahud akhir atau tahiyyat akhir dengan membaca doanya. Jangan lupa untuk bershalawat atas nabi, lalu diakhiri dengan salam.

Demikianlah beberapa tata cara sholat tahajud yang perlu diketahui dengan baik. Lakukanlah sholat mala mini dengan khusuk sehingga akan merasa lebih tenang. Dengan demikian maka akan mendapatkan keutamaan dari sholat tahajud yang akan membuat jiwa menjadi lebih tenteram. Setelah shalat, lakukanlah dzikir dan doa, karena hal ini sangatlah diutamakan.