Mata panda atau kantung mata bisa sangat mengganggu penampilan. Kemunculan mata panda dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang paling sering disebutkan yaitu kurangnya waktu tidur atau kelelahan setelah begadang. Namun sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang dapat menimbulkan mata panda seperti tingkat stres yang tinggi, produksi pigmen yang berlebih di area sekitar mata hingga proses penuaan.

Mengatasi Mata Panda dengan Bahan-bahan yang mudah ditemukan

Seseorang, terutama kaum wanita, pasti akan berkurang kepercayaan dirinya apabila harus meninggalkan rumah dengan kantung mata yang masih menggantung di kelopak bawah matanya. Masalah ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah, seperti cara-cara berikut ini.

  1. Kompres dengan Es

Saat kita melihat pertandingan tinju, pasti akan ada saat dimana sang petinju mengalami lebam dan seorang paramedis akan datang mengompresnya dengan menggunakan es. Ternyata setelah diteliti, es ini tidak hanya berguna untuk luka lebam, tetapi juga dapat menyegarkan wajah dan efektif menghilangkan mata panda.

Caranya cukup mudah, masukkan beberapa potong es batu ke dalam waslap, kemudian usapkan di daerah kantung mata selama sekitar 15 menit. Selain menggunakan es batu, Anda juga dapat menggunakan dua buah sendok yang didinginkan di dalam freezer. Pijatkan sendok beku di area kantung mata hingga sendok tidak terasa dingin lagi.

  1. Mentimun dan Madu

Mentimun sudah dipercaya sejak lama untuk menjaga kesegaran area mata. Sering kali mentimun digunakan dengan cara dipotong lingkaran dan kemudian dikompreskan di atas mata. Ternyata mentimun juga dapat mengatasi mata panda jika dicampurkan dengan madu.

Mentimun pertama-tama dihaluskan atau diblender, kemudian dicampur dengan madu dengan perbandingan 1:2. Oleskan campuran mentimun dan madu di area kantung mata dan diamkan beberapa saat. Bersihkan dengan air hangat dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  1. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat menghilangkan kantung hitam pada mata. Minyak zaitun mudah untuk didapatkan dan praktis untuk digunakan dimana pun karena tidak membutuhkan proses memblender atau mencampurkannya dengan bahan lain. Gunakanlah minyak zaitun sebelum Anda tidur. Cukup bersihkan wajah Anda seperti biasa, kemudian oleskan minyak zaitun di area kantung mata dan biarkan selama semalam.