Ngedak tidak lagi menjadi proses yang melelahkan dan panjang karena adanya panel lantai. Dulu orang-orang akan menyiapkan berbagai macam keperluan dalam proses dak, seperti membuat bekisting dan memasang kerangka besi beton serta membuat beton secara manual di atas bangunan mereka. Namun sekarang proses dak tidak sepanjang itu lagi

Perbandingan Proses Dak Konvensional dan Panel

Dalam pengerjaan dak konvensional, waktu yang dibutuhkan relatif lama karena sebelum mengedak, bekisting harus terlebih dahulu disiapkan. Pengerjaan bekisting atau kerangka sendiri membutuhkan waktu yang lama, belum lagi jika beton sudah dituang, maka ia harus menunggu lagi selama beberapa hari hingga beton kering sempurna.

Berbeda dengan dak konvensional, panel lantai dapat dengan mudah dipasang dan lebih menghemat bahan beton karena bahan beton hanya digunakan dalam proses grouting yakni penempelan panel satu dengan yang lain. Selain itu proses pengeringan tidak berlangsung lama karena panel sendiri sudah difabrikasi dan beton sudah dalam keadaan matang.

Proses Pemasangan Panel Beton

Dikarenakan bahan yang digunakan adalah beton ringan, maka dalam proses pembangunan tidak dibutuhkan alat berat. Panel beton yang dipesan sudah memiliki tulang beton atau besi di dalamnya sehingga tidak perlu melewati proses bekisting. Berikut adalah cara pemasangan panel yang baik dan benar.

  1. Ratakan Permukaan Balok

Permukaan balok yang tidak merata akan menyebabkan ketidakseimbangan saat pemasangan panel, maka dari itu akan lebih baik jika permukaan balok terlebih dahulu diratakan. Proses perataan sendiri cukup dilakukan dengan mortar.

  1. Tandai Penempatan Panel

Setelah memastikan bahwa bidang yang akan dipasangi panel sudah rata, lanjutkan dengan mengukur dan menandai sisi-sisi balok kolom yang akan dipasangi panel beton.

  1. Pengangkatan Panel Balok

Panel balok tidak diletakkan di awal pengerjaan karena ia akan mengganggu pengerjaan proses awal seperti perataan permukaan balok dan pengukuran. Pengangkatan panel balok baru dilakukan setelah kedua proses tersebut selesai. Lakukanlah dengan hati-hati dan letakan panel di tempat yang telah ditandai.

  1. Peletakan Panel Terakhir

Panel disambung dengan proses grouting yakni menyemen satu panel dengan yang lainnya. Proses ini cukup mudah dan hanya membutuhkan bahan beton dan mortar. Pastikan meletakkan panel lantai terakhir dengan presisi yang pas agar bangunan simetris dan sempurna.