Melakukan fitness merupakan salah satu cara untuk mendapatkan badan idaman yang paling efektif. Dengan melakukannya, Anda bisa menurunkan atau menaikkan berat badan, bahkan membentuk badan Anda seperti apa yang Anda inginkan. Dalam waktu yang tidak cukup panjang, melakukan fitness yang rutin dapat memberikan apa yang selama ini diimpikan.

Sehat Dengan Fitness Rutin

Hanya saja, untuk memulai melakukan fitness banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan fasilitas fitness maupun gerakan apa yang harus dilakukan untuk pemula. Jika Anda tidak tahu, Anda bisa menyewa instruktur di tempat fitness yang Anda gunakan, tetapi memang harus mengeluarkan biaya lebih. Jika hal ini memberatkan Anda, lakukanlah beberapa tips berikut untuk Anda yang baru mau memulai fitness dan belum tahu caranya.

  1. Menetapkan Komitmen Kuat

Banyak orang yang hanya bersemangat pada awal saja saat melakukan fitness, dan lama-lama meninggalkannya. Hal ini terjadi karena mereka baru tahu bahwa dalam melakukannya tidaklah dengan waktu yang cepat atau instan untuk mendapatkan badan yang ideal. Ini tandanya mereka tidak menetapkan komitmen yang kuat. Pikirkanlah sebuah target yang harus Anda capai dan jangan pernah melupakannya. Karena untuk mendapatkannya tidaklah dengan cara yang instan.

  1. Menentukan Jadwal Dalam 1 Minggu

Melakukan fitness memang harus rutin dan harus tertata dengan baik. Maksudnya adalah, dalam jangka waktu 1 minggu, Anda pergi ke fitness setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu misalnya. Selama hari-hari tersebut, jangan lakukan kegiatan fitness yang berfokus pada satu titik saja. Variasikan jenis kegiatan yang Anda lakukan setiap harinya, contoh Senin fokus pada otot lengan, rabu fokus pada otot dada, Jumat fokus pada otot kaki, dan minggu pada otot bahu.

  1. Istirahatlah pada Waktunya

Memaksakan diri untuk membentuk badan yang ideal tidaklah baik dan hanya merugikan diri sendiri. Mungkin tujuannya untuk memperoleh bentuk dengan secepatnya, tetapi ini adalah hal yang sangat salah dan fatal. Beristirahatlah di sela-sela waktu fitness Anda selama 3-5 menit untuk memberi nafas pada otot yang Anda latih. Memaksanya hanya akan menyebabkan cidera pada otot Anda.