Kitchen set merupakan sebuah set dapur yang diletakkan menempel di dinding serta terdiri atas kabinet atas, counter top dan kabinet bawah. Kesan mewah yang ditampilkan kitchen set membuat banyak orang ingin memilikinya. Toko kitchen set Jakarta atau di kota mana pun laris dibanjiri order. Namun setelah memiliki kitchen set, Anda juga perlu tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar, agar keawetannya terjaga.

Cara Merawat Kitchen Set yang Baik dan Benar

Menambahkan kitchen set ke dalam dapur menjadikan dapur Anda terkesan rapi dan sedap dipandang. Pasalnya setiap barang dapur dapat terorganisir dengan baik karena adanya kabinet dengan masing-masing fungsinya. Meskipun demikian, kitchen set perlu dirawat agar kondisinya tetap bagus dan awet. Berikut adalah tips merawat kitchen set agar selalu dalam kondisi yang baik.

  1. Jaga Dapur Tetap Kering

Area dapur sering kali basah dalam proses memasak ataupun proses mencuci piring. Jangan pernah bosan untuk mengelap area kitchen set agar tetap kering. Lakukanlah pengelapan dengan teratur setelah proses memasak dan mencuci piring selesai, dengan demikian, kitchen set Anda akan bebas karat dan tahan lama.

  1. Jaga Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik dibutuhkan karena kandungan uap berlebih di dalam dapur tidak akan baik untuk kenyamanan penghuni sekaligus keawetan kitchen set Anda. Kitchen set yang terlalu sering terpapar asap hasil proses memasak akan rentan mengelupas dan memudar.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat jendela di dekat kompor jika memungkinkan. Uap memasak akan langsung digantikan dengan udara segar. Namun jika tidak memungkinkan, Anda hanya perlu menambahkan cooking hood atau exhaust fan di atas kompor. Jika tinggal di ibukota, Anda bisa memanggil jasa kitchen set Jakarta untuk membantu Anda.

  1. Gunakan Pembersih yang Tepat

Setiap bagian kitchen set memiliki bahan yang berbeda-beda, oleh karenanya pembersih yang digunakan pun tidak bisa sama antara satu dengan yang lain. Gunakan pembersih sesuai dengan material yang akan dibersihkan dengan begitu kitchen set Anda lebih terawat dengan maksimal.

  1. Bersihkan dan Cek secara Teratur

Kedisiplinan dalam membersihkan kitchen set, akan membuatnya selalu tampil baru dan pastinya akan awet. Selain pembersihan harian, lakukan juga pembersihan dan pengecekan total secara berkala untuk memastikan bahwa setiap kabinet tetap bebas debu, karat dan pengerat. Apabila Anda menemukan ada masalah dengan engsel atau pintu kabinet yang rusak, Anda dapat memanggil jasa kitchen set Jakarta.