Sebagian orang yang memang sangat memiliki kecintaan yang lebih dengan burung, menjadikan burung perkutut sebagai salah satu burung yang paling mereka idam-idamkan. Ya, burung perkutut memang dianggap sebagai burung yang cukup enak untuk dipelihara. Bahkan, banyak juga orang mencari informasi terkait harga binatang bersayap dan bersuara merdu yang satu ini. Lalu, bagaimana sesungguhnya tips pemeliharaan burung yang satu ini?

Cara Tepat Memelihara Burung Perkutut

Bagi Anda yang merasa penasaran dengan seluk-beluk tentang binatang yang satu ini termasuk informasi tentang harga binatang ini serta cara perawatannya, berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda:

  • Musim Kawin dan Bertelur

Mengetahui salah satu kebiasaan burung yang Anda pelihara tentunya menjadi cara yang tepat untuk memelihara burung tersebut. Salah satunya yaitu dengan mengetahui musim kawin dan juga musim bertelur dari burung yang satu ini. Burung perkutut biasanya memulai masa kawin pada bulan September, dan akan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.

 

Pada masa kawin tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa kebiasaan burung ini. Biasanya, burung ini akan membuat sarang di tempat-tempat tertentu, seperti di pohon yang kuat atau di tanah yang datar. Kemudian, telur yang akan dihasilkan biasanya hanya sekitar 1-2 butir telur saja dan akan dierami selama 13-18 hari.

  • Kicauan

Salah satu hal penting terkait dengan burung perkutut adalah kicauan yang merdu. Agar burung perkutut Anda memiliki kicauan yang merdu, maka Anda perlu untuk melatihnya dengan cara memperdengarkan rekaman suara burung perkutut.

  • Kondisi Fisik

Kondisi fisik burung juga patut untuk dipertimbangkan. Anda patut mempertimbangkan apakah burung tersebut dalam kondisi yang sehat secara fisik atau tidak. Jika Anda merasa bahwa kondisi burung tersebut kurang sehat, akan lebih baik jika Anda melakukan pembersihan terhadap sarang agar terhindar dari penyakit dan menjauhkan burung tersebut dari burung lainnya, agar tidak ikut tertular.

Selain mengetahui beberapa tips perawatan dari burung ini sesuai penjelasan di atas, informasi lainnya terkait burung yang satu ini adalah informasi harganya. Harga binatang yang satu ini ternyata dipatok mulai dari Rp. 150.000,- hingga Rp. 650.000,-. Apakah Anda tertarik untuk membeli burung yang satu ini?