Bisnis properti merupakan bisnis yang tidak lekang oleh zaman. Bisnis properti dapat membuat pelaku usahanya memiliki keuntungan yang sangat besar jika mengetahui caranya. Bisnis ini dapat dilakukan oleh kaum muda bahkan juga kaum tua. Namun banyak yang enggan untuk memulai bisnis ini karena mengira bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang sangat besar. Berikut ini akan diuraikan cara memulai bisnis properti tanpa modal dan juga tanpa hutang.

Cara Menjalankan Bisnis properti Tanpa Modal Maupun Hutang

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis properti dengan tanpa modal, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kerugian yang besar.

  • Menjadi makelar rumah

Anda dapat sering-sering jalan-jalan di sekitar perumahan yang ada di lingkungan Anda. Fokuskan pada perumahan yang baru yang biasanya terdapat rumah yang akan dijual. Jika Anda memperoleh rumah yang akan dijual, Anda dapat mendatangi pemilik rumahnya untuk membantu menjualkan rumah tersebut. Dengan membantu penjualan rumah tersebut, Anda dapat memperoleh komisi mencapai 2,5%. Jika rumah tersebut memiliki harga 200 juta, maka Anda dapat memperoleh komisi sebesar 5 juta.

  • Agen properti

Anda juga bisa mendaftar sebagai agen properti. Dengan menjadi agen, Anda dapat memperoleh informasi mengenai properti yang dijual di sekitar lokasi Anda. Kemudian Anda juga akan diberi pelatihan mengenai cara melakukan deal, bernegosiasi dan juga cara menjual properti.

  • Bisnis Homestay

Homestay merupakan rumah tinggal yaitu sebagai penginapan untuk umum. Homestay menyediakan tempat menginap dengan harga yang lebih murah dari pada hotel.

  • Membuat situs online yang isinya jual beli properti

Anda dapat membuat situs jual beli properti. Jika situs Anda tersebut telah memiliki traffic yang bagus, maka Anda memiliki peluang untuk mendapatkan kontrak sebagai marketing online untuk developer perumahan. Bisa jadi, developer akan meminta Anda untuk menjual rumah dan mengiklankannya di situs Anda. Jika rumah yang diiklankan terjual, Anda juga dapat memperoleh komisi khusus.

Selain cara-cara di atas, berikut ini trik bisnis properti dengan menggunakan uang orang lain.

  • Menaikkan harga dengan menurunkan syarat pembayaran.

Cara yang berikutnya yaitu dengan menaikkan harga yang ditawarkan. Jika diasumsikan Anda sebagai investor, kemudian Anda menemukan rumah yang memiliki harga pasaran 850 juta. Namun penjual hanya menawarkan 500 juta kepada Anda. Anda dapat menaikkan harganya menjadi 525 juta. Jika demikian penjual akan senang dan terkejut, Lalu Anda dapat melanjutkan negosiasi dengan meringankan persyaratan. Jika penjual menginginkan DP sebesar 20% maka Anda dapat bernegosiasi untuk mendapatkan rumah tersebut dengan DP 5% atau bahkan tanpa DP. Kemudian Anda juga dapat meringankan syarat-syarat lainnya.

  • Meminjam dari penjual

Anda dapat mengombinasikan pendanaan yang berasal dari penjual dengan perbankan. Hal tersebut karena pendanaan yang berasal dari perbankan biasanya tidak cukup untuk menutup kebutuhan take properti. Sebagai contoh, Anda mendapatkan dana dari bank sebesar 80%, padahal ada kebutuhan dana DP, biaya administrasi dan sebagainya. Tentunya Anda tidak dapat meminjam secara langsung, namun Anda dapat bernegosiasi agar kekurangan 20% dapat dicicil. Anda dapat menyampaikan secara jujur bahwa uang Anda tidak cukup untuk menutupi kekurangan.