Banyak orang yang sebenarnya sangat ingin membuka usaha. Namun banyak juga yang berhenti berkeinginan tersebut dan lebih memilih menjadi pegawai kantoran karena ragu akan peruntungan apabila membuat usaha. Dengan menjadi pegawai tentunya kamu setidaknya akan mempunyai jaminan hidup dengan gajian sebulan sekali. Sedangkan dalam membuat usaha apabila pasar sedang sepi – sepinya dalam satu bulan bisa saja tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

Ikuti Langkah – Langkah Berikut

Modal juga menjadi hal utama mengapa orang tidak mau membuka usaha. Padahal kita bisa lho membuka usaha kecil – kecil.  Berikut adalah langkah – langkah untuk membuka usaha kecil dengan usaha kecil.

  1. Alasan membuka usaha

Apa pun usaha yang ingin dibuat baik besar maupun kecil – kecilan. Kamu harus memiliki alasan yang kuat untuk menjalani usaha tersebut. Alasan ini lah yang nanti akan memotivasi kamu dan membantu kamu ketika kamu mulai jenuh dan  ingin menyerah.

  1. Tentukan jumlah modal yang akan diinvestasikan

Agar bisa segera memulai untuk membuka usaha kecil – kecilan dengan modal yang kecil adalah memutuskan berapa banyak modal yang akan kamu inventariskan di awal usaha kamu.. Apakah nol sama sekali, ratusan ribu, atau jutaan rupiah. Anggap saja ini adalah uang sedekah yang harus kamu korbankan bila usaha kamu mengalami kendala nantinya. Ingat, itu bukan merupakan uang hilang. Melainkan biaya belajar kamu dalam membuat usaha.

  1. Tentukan jenis usaha

Banyak orang pasti akan menyarankan untuk membuka usaha yang sesuai dengan apa yang menjadi minat dan bakat kamu. Memang apabila membuat usaha bisnis dengan apa yang kita senangi rasanya tidak akan ada beban yang melanda. Namun dalam hal merintis usaha kecil. Akan lebih baik membuka usaha yang memang bisa dilakukan terlebih dahulu.

  1. Pandai membagi waktu

Bagilah waktu kamu antara keluarga dan usaha atau mungkin waktu untuk kamu bekerja di perusahaan (untuk menambah modal) dengan memanajemen waktu kamu dinilai disiplin. Konsentrasi kamu juga tidak akan tercampur bila kamu membagi waktu sendiri untuk usaha kamu.